MELURUSKAN MAKNA JIHAD DAN MENCEGAH TERORISME

Jihad merupakan salah satu ajaran Islam yang sangat penting.jihad itu bearasal dari kata ” jahada”yang berarti bersungguh -sungguh.  bersungguh-sungguh disiniadlah beersungguh-sungguh dalam melaksanakan sesuatu. Jihad yang dilaksanakan Rasul adalah berdakwah agar manusia meninggalkan kemusrykan dan kembali kepada aturan ALLAH, menyucikan hati, memberikan pengajaran kepada ummat dan mendidik manusia agar sesuai dengan tujuan penciptaan mereka yaitu menjadi khalifah ALLAH di bumi. pemahaman jihad tentang bersungguh-sunguh ini tersebut dalam alquran yaitu: “Apabila keduanya (ibu bapak) berjihad (bersungguh-sungguh hingga letih me-maksamu) untuk mempersekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada bagimu pengetahuan tentang itu (apalagi jika kamu telah mengetahui bahwa Allah tidak boleh dipersekutukan dengan sesuatu apapun), jangan taati mereka, namun pergauli keduanya di dunia dengan baik.” (Qs. Luqman [31] : 15). a

Jihad dalam bentuk perang dilaksanakan jika terjadi fitnah yang membahayakan eksistensi ummat  (antara lain berupa serangan-serangan dari luar), jihad dalam keadaan ini fuga mempunyai aturan dan ketentuan sehingga tidak membabi buta dan tidak kenal arah. jika meng-arti-kan jihad hanya sebagai peperangan fisik dan extern, untuk membela agama, akan sangat ber-bahaya , sebab akan mudah di-manfaat-kan dan rentan terhadap fitnah , tapi jika meng-artikan Jihad sebagai “perjuangan membela agama” , maka lebih tepat bahwa ber-Jihad adalah : “perjuangan menegakkan syariat Islam” . Sehingga berjihad harus -lah dilakukan setiap saat . tenang juhad dalam pengertian perang tersebut dalam alquran:  “Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kalian, tetapi janganlah kalian melampaui batas, karena sesungguh-nya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Qs. al-Baqarah [2]: 190).

jihad dalam pengertian perang ini merupakan bagian tak terpisahkan dari iman. Kuat atau lemahnya iman seseorang –salah satunya- diukur dari keberanian dan kesabarannya berjihad di jalan Allah. Iman yang kuat akan senantiasa menggelorakan semangat seorang mukmin untuk berjihad. Sebaliknya, iman yang lemah membuat seorang mukmin takut berjihad karena kesulitan dan tantangan yang sangat berat. Bagi mukmin yang beriman dan berjihad dijanjikan oleh Allah pahala surga, ke-hidupan yang mulia dan kedudukan yang terhormat di sisi-Nya. begitu juga jika orang tersebut takut dan melarikan diri dari peperanagn maka dia akan mendapatkan siksa yang sangat pedih.

beberapa bentuk jihad antara lain:

1. Menuntut Ilmu dan Mengembangkan Pendidikan
Bentuk jihad yang lainnya adalah menuntut ilmu, memajukan pendidikan masyarakat. Di dalam sebuah Hadis yang diriwayatkan Imam Ibnu Madjah disebutkan:
Orang yang datang ke masjidku ini tidak lain kecuali karena kebaikan yang dipelajarinya atau diajarkannya, maka la sama dengan orang yang berjihad di jalan Allah. Barang siapa yang datang bukan karena itu, maka sama dengan orang yang melihat kesenangan orang lain. (riwayat Ibnu Majah). menuntut ilmu demi kemaslahatan adalah lebih utama karena mengajak orang kepada kebaikan dan memberitahukan sutau ilmu pada orang yang tidak tahu akan membawa kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat.

2. Berbakti kepada orang tua

berbakti pada orang tua juga merupakan jihad utama sebagaimana sabda nabi: “Seseorang datang kepada Nabi SAW untuk meminta izin ikut berjihad bersamanya. Kemudian Nabi SAW bertanya: apakah kedua orang tuamu masih hidup? ia menjawab: masih, Nabi SAW bersabda: terhadap keduanya maka berjihadlah kamu.
Berjihad untuk orang tua, berarti melaksanakan petunjuk, arahan, bimbing-an, dan kemauan orang tua. Kata fajahid dalam hadis tersebut, berarti memper-lakukan orang tua dengan cara yang baik, yaitu dengan mengupayakan kesenangan orang tua, menghargai jasa-jasanya, menyembunyikan kelemahan dan keku-rangannya serta berperilaku dengan tutur kata dan perbuatan yang mulia. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah al-Isra [17] ayat 23:
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan \”ah\” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.

3. Membantu Fakir-Miskin.

Jihad yang tidak kalah pentingnya adalah membantu orang miskin, peduli kepada sesama, menyantuni kaum papa. Bantuan pemberdayaan dapat diberikan dalam bentuk perhatian dan perlindungan atau bantuan material. Hadis yang diriwayatkan Bukhori berikut ini menjelaskan:
\”Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah SAW bersabda, \”Orang yang menolong dan memberikan perlindungan kepada janda dan orang miskin sama seperti orang yang melakukan jihad di jalan Allah.” ini menunjukan keutamaan islam yang mengutamakan kasih sayang kepada sesama dan pelaksanaan dari habllum minannas..

4. Menyampaikan kebenaran kepada penguasa yang dzalim

Perintah jihad melawan penguasa yang zalim disebutkan, antara lain, dalam hadits riwayat at-Tirmizi:
Abu Said al-Khudri menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya diantara jihad yang paling besar adalah menyampaikan kebenaran kepada penguasa yang zalim.”  denagan adanya teguran kepada penguasa yang zalim maka akan bisa menimbulkan negri yang aman,tentram dan maksmur.
JIHAD DAN TERORISME

Terorisme adalah “tindakan kejahat-an terhadap kemanusiaan dan peradaban yang menimbulkan ancaman serius terhadap kedaulatan negara, bahaya terhadap keamanan, perdamaian dunia serta merugikan kesejahteraan masyarakat. Terorisme adalah salah satu bentuk kejahatan yang diorganisasi dengan baik (well-organized), bersifat transnasional dan digolongkan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crime) yang tidak membeda-bedakan sasaran (indiscriminative).” Menurut konvensi PBB tahun 1939, terorisme adalah segala bentuk tindak kejahatan yang ditujukan langsung kepada negara dengan maksud menciptakan bentuk teror terhadap orang-orang tertentu atau kelompok orang atau masyarakat luas. Dalam kamus Webster\’s New School and Office Dictionary dijelaskan: \”terrorism is the use of violence, intimidation, etc to gain to end; especially a system of government ruling by terror,…” ( Terorisme adalah penggunaan kekerasan, intimidasi, dsb untuk merebut atau meng-hancurkan, terutama, sistem pemerintahan yang berkuasa melalui teror…). Dari ketiga definisi tersebut dapat dipahami bahwa terorisme adalah kejahatan (crime) yang mengancam kedaulatan negara (against state/nation),melawan kemanusiaan (against humanity) yang dilakukan dengan berbagai bentuk tindakan kekerasan.

terorisme berebeda dengan jihad bersadarkan hal berikut ini:

Pertama, terorisme bersifat merusak (ifsad) dan anarkis/chaos (faudha).

Kedua, terorisme bertujuan untuk menciptakan rasa takut dan atau menghancurkan pihak lain.

Ketiga, terorisme dilakukan tanpa aturan dan sasaran tanpa batas.

Jihad bersifat perbaikan (ishlah), sekalipun –sebagian- dilakukan dengan berperang.

Jihad bertujuan untuk me-negakkan agama Allah dan atau membela hak pihak yang terdzalimi.

Jihad dilaku-kan dengan mengikuti aturan yang ditentukan oleh Syariat dengan sasaran musuh yang sudah jelas

Sayangnya, jihad sebagai ajaran Islam yang suci telah mengalami per-geseran makna dan pengamalannya. Beberapa kelompok muslim menyalah-gunakan jihad sebagai dalih untuk melakukan tindakan kekerasan, terorisme dan perbuatan makar. Dalam beberapa dasa warsa terakhir jihad secara sangat efektif dipergunakan oleh kelompok-kelompok muslim ekstrim untuk melegal-kan bom bunuh diri.
Pemahaman jihad yang keliru sudah terbukti menodai kesucian jihad dan mencoreng wajah Islam yang damai. Sehubungan dengan aksi- aksi yang meng-atasnamakan jihad yang keliru tersebut, lembaga-lembaga pendidikan Islam khususnya madrasah dan pesantren disorot tajam, bahkan dituduh sebagai sarang teroris. Sesuatu yang sangat merugikan citra Islam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s